Backlink dan Fungsinya dalam Search Engine Optimization (SEO)

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Minggu, 30 September 2012

Backlink, ya hampir semua bloger tahu itu, kalau disederhanakan berarti tautan balik juga dikenal dengan istilah InboundLink (IBL), tautan yang ada pada web lain yg  mengarah kepada web/blgo kita. Ini juga merupakan salah satu teknik SEO yang harus kita kuasai dan pahami, semakin banyak Backlink  yang kita peroleh, maka akan semakin penting pulalahweb atau blog kita dimata Search Engine khususnya Google.

Ada beberapa situs yang memberi pelayanan terhadap kita supaya kita dapat melihat backlink diantara  Beberapa web tersebut adalah :
  • www.backlinkwatch.com
  • www.linkvendor.com
  • http://www.build-reciprocal-links.com
Ada beberapa  perbedaan jumlah hasil backlink diantara web engine checking itu, tapi tidak terlalu signifikan perbedaannya. Silahkan coba ketikkan blog anda pada tampilan kotak yang ada pada web tadi dan akan terlihat berapa jumlah web/blog yang member backlink ke blog kita.

Yang jadi pertanyaan adalah jika seandainya blog kita sudah cukup banyak backlinknya lantas apakah dengan serta merta postingan blog kita ada di urutan pertama atau minimal halaman pertama Serp. Apalagi setelah google melakukan updatenya yaitu dengan google panda dan google penguinnya, apakah kuantitas backlink masih dibutuhkan ??, Menurut info dari tetangga ternyata Backlink yang berkualitas,  Tema yang relevan ( kesamaan Keyphrase/Keyword) itu yang lebih dihargai oleh sang google..sedikit nyundul gan mohon dukungannya dengan ngeklik link ini Sepeda motor bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1. Silahkan dilanjut gan..

Pentingnya Backlinks :
Saya walaupun masih newbie akan mencoba sharing kepada anda dan mungkin anda lebih tahu banyak tentang hal ini, apa arti Backlink, mengapa Backlink itu penting?, dan apa aja yang kita dapat lakukan untuk mendapatkan Backlink  tanpa bermasalah dengan Search Engine. Tatkala google menghitung  tingkat relevansi dari sebuah web blog untuk sebuah kata kunci, juga akan mempertimbangkan berapa jumlah Inbound Link yang mengarah ke web blog kita. Kita seharusnya jangan berpuas dulu dengan Inbound Link saja, justru yang lebih penting adalah kualitas Inbound Link itu sendiri.

Ketika relevansi antara posting blog lain yang member backlink ke web blog kita saling berubungan kuat, contoh inbound link dari sutu weblog yang membahas tentang seo tentu akan berkualitas backlink nya jika web blog kita juga yang menerima backlink juga membahas tentang seo, itu disebut relevansi yang tinggi. Sebaliknya jika inbound link dari web blog yang membahas otomotif akan memberi backlink yang kurang berkualitas atau relevansinya yang rendah apabila web blog kita membahas tentang seo. Apalagi jika web blog sang pemberi backlink tersebut mempunyai PR yang tinggi akan lebih baik lagi kualitas backlink tersebut..

Adapun backlink yang buruk contohnya adalah Link Farms dimana ada usaha dari para webmaster yang mnecari jalan pintas untuk mendapat inbound link dengan teknik curang atau menggunakan software tertentu dengan tujuan memberikan backlink ke situs web blog tertentu, web blog tersebut tidak hanya diabaikan oleh mesin pencari, tetapi menghubungkannya dengan Link Farms akan mengakibatkan web blog kita dilarang beroperasi oleh google, dengan kata lain di Banned oleh Search Engine..

Membuat Backlink yang berkualitas begitu penting untuk mengoptimalkan Search Engine Optimization, dan haruslah  dijadikan  perioritas didalam SEO anda. Seperti dalam kontes SEO Sepeda motor bebek Injeksi kencang dan irit Jupiter Z1 saya mencoba mencoba mengoptimasi dan belajar terus cara mendapatkan inbound link yang berkualitas..(maaf sedikit nyundul)…
Semoga bermanfaat..sumber http://gitarchordshack.blogspot.com

{ 1 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar