Iket Kepala Sunda

Ditulis oleh : alhudasindangreret on Senin, 07 September 2015

Assalaamualaikum Wr Wb,
Selamat bertemu kembali sobat, maaf sudah lama tidak posting lagi karena berbagai kesibukan offline yang cukup menyita waktu, mohon maaf sekali lagi jika kurang berkenan. Kali ini saya mencoba membawa thema tentang iket kepala, (iket/bahasa sunda = ikat/bahasa indonesia). Tanpa banyak kata saya coba lagi melihat posisi serp dari kata kunci "Iket Kepala Sunda", ternyata sudah banyak pemain disana. Mohon maaf para pembaca koq baru muncul lagi eh sudah membahas tentang iket kepala. Iket Kepala Sunda ini menjadi trend setelah jawa barat khususnya bapak bupati bandung mulai mempopulerkan kembali pakaian tradisional seperti pangsi dan iket kepala.

Awal Iket Kepala Sunda Mulai Dikenal

Iket atau Totopong (ikat kepala) mulai naik daun sekitar 1450 Masehi atau sekitar Kerajaan Pajajaran. Pada mulanya, iket ini difungsikan untuk melindungi kepala dari teriknya matahari, juga sebagai identitas strata pribadi. Era perang kemerdekaan, Iket ini dipakai penunjuk identitas para pejuang. Pada masa itu, Iket sunda menjadi lambang perjuangan atau perlawanan terhadap para penjajah. Iket juga menjadi simbol pemersatu sekaligus pengobar semangat patriotik masyarakat Sunda waktu itu.

Beberapa nama Iket antara lain sebagai berikut :

  1. Barangbang Semplak : Iket mirip Dahan Kelapa Kering / barangbang (istilah sunda) yang patah / Semplak tapi masih nempel dipohon. Bagian atasnya terbuka (terlihat  rambut). Umumnya iket ini dipakai oleh para Pendekar / jawara.
  2. Julang ngapak : Rupa iket ini seperti sayap burung Julang terbang. Dipakai oleh para orang tetua atau kepala adat / yang dituakan.
  3. Kekeongan : Bentuknya seperti keong.
  4. Kuda ngencar : Iket yang culanya dibelakang, menjuntai ke bawah, bagian ujungnya naik  ke atas.
  5. Maung Heuay : Bentuk iket ini seperti mulut harimau yang sedang terbuka.
  6. Parekos Nangka : Tampilan iket ini seperti kita sedang membungkus nangka. 
  7. Porteng : Iket yang culanya berdiri di depan, sedangkan ujung kainnya digulung ke belakang.
  8. Dan banyak jenis iket lainnya...


Saya tidak akan membahas panjang lebar tentang sejarah iket kepala sunda ini, saya mencoba menampilkan beberapa photo contoh dari iket tersebut :
https://www.bukalapak.com/p/fashion/bahan-kain/arv17-jual-iket-kepala-sunda
Iket kepala Sunda
https://www.bukalapak.com/p/fashion/bahan-kain/arv17-jual-iket-kepala-sunda
Iket Sunda





https://www.bukalapak.com/p/fashion/bahan-kain/arv17-jual-iket-kepala-sunda
Ikat Kepala Sunda
https://www.bukalapak.com/p/fashion/bahan-kain/arv17-jual-iket-kepala-sunda
Ikat Sunda











Dari ke empat contoh photo ini silahkan jika pembaca sekalian berminat dan ingin memilikinya silahkan klik link di bawah ini :
Jual Iket Kepala Sunda
Jual Iket Sunda
Iket Kepala Sunda.


Mungkin ajakan dalam bahasa sunda ini cukup mengena, "Hayu dulur-dulur salembur urang jungjung budaya sunda, urang mumule tatali karuhun sunda, ngarumat budaya sunda, salah sahijina nyeta ngalestarikeun budaya iket sunda jang pakean pangsi'.

Sekian dulu sobat sekilas tentang iket kepala sunda lain waktu disambung lagi.
wassalamualaikum wr wb..

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar