Chating ala kera besar

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Sabtu, 17 September 2011

Bonobo (kera besar/great ape) punya cara unik dalam berkomunikasi saat mencari makanan, mereka akan menyalak dengan keras. Setelah berhasil menemukan makanan, Bonobo akan mendengus untuk memberitahu kera lain akan detail dan kualitas makanan yang ia temukan.

Menurut peneliti, interaksi dengan cara komunikasi demikian semakin menegaskan bahwa kera besar punya kecerdasan diatas rata2 dibanding spesies lain.

Selama ini diketahui bonobo akan mendengus ketika menemukan makanan, cara yang hampir mirip juga dilakukan sinpanse, sepupu bonobo. Karena itu para ilmuwan University of St Andrews, Skotlandia ingin menguji apakah vokalisasi Bonobo merupakan indikator yang andal dalam menilai kualitas makanan.
Ahli primate, Dr Zanna Clay, mengemukakan, selama ini para ahli menduga bonobo dapat memahami sesuatu ketika mendengarkan vokalisasi bonobo lainnya, namun tidak ada ahli yang melakukan eksperimen untuk menguji hal tersebut.

Clay dan koleganya merekam panggilan yang dibuat oleh bonobo di kebun binatang Twycross, inggris. Pada saat yang sama mereka meletakan buah kiwi dan apel disekitar kandangnya.
Peneliti menemukan ketika bonobo menemukan makanan favorit yakni kiwi  maka mereka mengeluarkan bunyi menyalak keras dalam waktu lama dan dengusan pendek. Tapi ketika menjumpai makanan yang bukan favoritnya dalam hal ini apel mereka hanya mengeluarkan bunyi dengusan sesaat dan suara ‘keluhan’.

Bonobo mengeluarkan suara tersebut dengan maksud agar rekan-rekannya mampu menemukan mereka sekaligus mengarahkan ke lokasi pencarian makanan.

Para peneliti juga menemukan bahwa kawanan bonobo lainnya akan bingung ketika panggilan berbeda secara akustik. Secara umum usaha kawanan bonobo lebih mengarah pada panggilan dengan suara tinggi dengan tujuan mendapatkan makanan favorit..
 
Kalau kita teliti dan mau bertafakur dari alam sekitar juga banyak mengajarkan ilmu dan pelajaran yang pada akhirnya juga semakin meningkatkan derajat keimanan kita, seperti pada posting sebelumnya tentang jangkrik yg dapat memberikan informasi suhu ke kita,

Berbagai sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar