Rahasia kekuatan tembok china

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Sabtu, 17 September 2011

Tembok besar china merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia. Mengutif dari Wikipedia, panjang keseluruhan tembok yang dibangun 600 tahun silam itu mencapai 8.850 km. ia dianggap sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia, dan masuk dalam daftar situs warisan dunia, Unesco.

Tahukan anda apa rahasia kekuatan umur panjang tembok china ?,jawabnya adalah ada pada ketan. Ya ketan kawan kawan. Menurut peneliti dan sejarawan china, Dr Zhang, waktu itu dibawah perintah dinasti ming yang mempunyai staf ahli dalam bidang konstruksi yang brilian mempunyai otak yang pintar menyuruh para pekerja2nya membangun tembok besar  dengan mencampurkan tepung ketan dan kapur sebagai bahan standar campuran perekat.

Campuran ketan mengikat batu bata begitu erat hingga rumput liar tidak bias tumbuh. Pakar kimia dari universitas Zhejiang, Hangzhou, China timur, seperti dilansir Itelegraph menjelaskan campuran perekat semen kuno tersebut terdiri dari campuran khusus organik dan anorganik. Komponen organik berupa amilopektin yang berasal dari bubur ketan, sedangkan anorganiknya berupa kalsium karbonat.

Komponen organik amilopektin inilah yang ternyata berfungsi efektif membantu menciptakan mikrostruktur padat, hingga menjadikan Tembok Besar China lebih stabil serta memiliki kekuatan mekanis lebih besar . Dr.Zhang mengatakan, penggunaan ketan yang menjadi bahan makanan pokok asia timur, merupakan salah satu inovasi teknis terbesar pada saat itu. Tak hanya untuk tembok besar, campuran tepung ketan bahkan membuat berbagai pusara, pagoda dan tembok pada zaman dinasti Ming yang terbukti tahan menghadapi hantaman cuaca, gempa bumi serta bencana alam lainnya.

Namun selalu ada “harga” untuk sebuah temuan. Pada saat pembangunan tembok besar pun sempat terjadi penolakan di selatan china, karena Kaisar Ming meminta panen ketan di selatan yang notabene merupakan makanan para pekerja, dialihkan sebagai campuran semen. Entah bagaiman akhir dari cerita penolakan tersebut. Yang jelas hingga saat ini Tembok Besar China masih berdiri kokoh, para ahli kontruksi pada zaman tersebut yang dengan gigih, pantang menyerah sebelum berhasil dalam mewujudkan cit2nya berupa tembok besar yang sampai sekarang masih bisa dilihat dan dikunjungi oleh kita yang ada pada zaman sekarang.

Berbagai sumber

{ 1 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar