Apakah Kesempatan datang satu kali ?

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Jumat, 09 Desember 2011

Sudah pada tahu dan sering orang bilang bahwa kesempatan itu cuma datang sekali dalam hidup. Seandainya benar anggapan tersebut, repot juga hidup ini. Seandainya kita percaya hal itu berarti kita hanya punya satu kesempatan untuk berusaha pada satu bidang usaha idaman kita, berarti kita tidak akan mendapatkan yang lebih baik lagi, selamanya.

Sudut pandang seperti ini selain meropotkan akan membuat kita pasif. Tidak mau bergerak sebelum kesempatan datang bahkan enggan melakukan apa pun karena kesempatan terbaik telah berlalu. Untuk menghuindarinya coba kita ubah cara pandang seperti itu. Dengan hal tersebut kita dapat terus menumbuhkan motivasi meraih apa yang belum kita capai, kita dapat terus bersemangat mencapai tujuan yang hendak kita raih.

Cara termudah mengubah hidup adalah mengganti cara pandang kita tentang hidup. Untuk mudahnya kita mengambil contoh, dua orang yang menghadapi situasi sama persis. Misalnya sama-sama gagal mendirikan suatu usaha mandiri, reaksi keduanya amat berbeda, orang pertama melihatnya sebagai berkah sedangkan orang kedua melihatnya sebagai prahara. Semua tergantung fleksibilitas cara kita memandang dan keberanian menerima resiko sepahit apa pun mengenai kegagalan hidup. Artinya kan masalahnya sama tapi kesiapan mental atau sudut pandangnya yang berbeda dalam menghadapi masalah tersebut.

Kesempatan juga sama, ada tidaknya kesempatan amat bergantung pada cara pandang kita, kalau kita Yakin kesempatan akan selalu ada, selalu terbuka. Jika sahabat2 semua yakin kesempatan tak datang sekali, tapi datang dua kali, tiga kali, bahkan sejuta kali. Semua tergantung cara pandang kita. insyaAllah kesempatan itu akan sering datang kepada anda.

Kesempatan tidak datang dengan sendirinya, ia datang karena diundang, meyakini saja bahwa kesempatan akan datang tanpa kita mengusahakannya adalah omong kosong. Kail pancingan saja tidak cukup tapi kita semua memerlukan umpan, umpan pun tidak bisa asal tapi harus benar benar berkualitas dan kita harus mempelajari supaya umpan kita disenangi ikan. Artinya kesempatan bisa diusahakan dengan memasang iklan, sales call, sales letter atau referensi teman. Jadi artinya kesempatan itu bisa datang dari mana saja.

Cara lain yaitu mengembangkan jaringan (network), jejaring bisnis yang kita kembangkan dengan teman, relasi yang kita kenal dan yang belum kita kenal pun bisa digunakan selagi kita benar-benar menyertai hubungan tersebut dengan ketulusan, kejujuran.

Cara lain lagi yaitu dengan menciptakan kesempatan. Asset luar biasa yaitu akal kita, fikiran kreatif kita, ide yang terlintas di fikiran kita yang masih ada dalam otak kita atau pun yang belum terlintas di fikiran kita, itu benar-benar bisa di optimalkan dalam menciptakan kesempatan, pikiran kreatif dapat mengubah permasalahan menjadi peluang atau kesempatan membentuk suatu usaha, misalnya masalah sampah yang menumpuk yang mengganggu keseimbangan lingkungan jika tak segera ditangani, akan semakin pelik dengan pikiran dan akal yang kreatif justru itu kesempatan dan dapat dimanfaatkan menjadi pupuk, usaha daur ulang, biogas dan lain sebagainya. Yang jelas dua hal yang dibutuhkan agar kesempatan bisa menjadi kenyataan adalah Sikap Positif, optimis dan Gairah mewujudkan ide tersebut..
        

{ 3 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar