KESEIMBANGAN LINGKUNGAN

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Jumat, 29 April 2011

Lingkungan dikatakan seimbang jika dinamika rantai makanan, jaring makanan dan piramida makannnya tepat, Artinya tidak ada rantai makanan yang hilang atau tidak proporsional (Supeni, dkk : 1994). Pada sebuah jaring makanan tiap organisme mempunyai fungsi tertentu. Peran tiap konsumen dalam ekosistem ialah memangsa atau dimangsa. Hal ini penting untuk dipelajari karena pada suatu ekosistem yang seimbang tidak ada satu jenis konsumen yang akan berkembang biak begitu cepat, sehingga mendominasi yang lain ( Dirjen Pendasmen P &K, 1993).
Untuk keseimbangan ekosistem, komponen produsen harus lebih banyak daripada konsumen karena akan berfungsi dalam mengatur keseimbangan lingkungan, seperti :
·         Sebagai paru-paru dunia
·         Pengendali erosi dan banjir
·         Mendaur ulang gas-gas berbahaya seperti CO dan CO
·         Mencegah pemanasan global
Konsumen dalam jumlah perbandingan yang seimbang akan dapat mengendalikan populasi sesuai jenis makanan yang tersedia. Karnivor akan menjadi faktor pembatas meledaknya laju populasi herbivore (Tim Pelatihan Proyek DMAP Depag, 2003)
Sebagai contoh kijang jumlahnya akan bertambah karena  cukup makanan. Tetapi jumlah kijang tidak akan terus bertambah karena dimangsa oleh harimau. Jumlah harimau  akan bertambah menyebabkan jumlah kijang menurun. Karena kijang jumlahnya berkurang, harimau tidak cukup makanan dan menyebabkan populasi harimau menjadi turun. Dengan turunnnya jumlah harimau, kijang makin bertambah dan hal itu menyebabkan mangsa untuk harimau cukup banyak, akibatnya jumlah harimau bertambah lagi.
Demikianlah yang terjadi dalam suatu lingkungan keadaannya seimbang, yaitu terjadi penambahan atau penurunan jumlah hewan atau tumbuhan mengikuti  batas-batas tertentu. Oleh karena itu keseimbangan lingkungan bersifat dinamis.  Perubahan drastis yang merusak faktor-faktor keseimbangan lingkungan akan berdampak rusaknya ekosistem.

Oleh: Peni Faridah Khaerani
                 

{ 2 komentar... read them below or add one }

zona makalah mengatakan...

gan... mampir blh kan.. hehehe

Daffa mengatakan...

terimakasih gan atas mampir nya ke blog saya yg sederhana ini,msemoga aja artikel2 saya bisa berguna buat agan..

Poskan Komentar