Bagaiman google memberikan ranking

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Senin, 26 Maret 2012

Berbicara mengenai ranking yang diberikan google, tentu tidak lepas dari algoritma yang telah dipatenkan dan juga berfungsi untuk menentukan situs mana yang lebih penting dan lebih popular. Page rank merupakan salah satu fitur utama dari mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

Sebuah situs akan makin popular jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya dengan asumsi bahwa content situs tersebut lebih berguna dari isi situs lain. Page Rank dihitung degan skala 1-10. Sebagai contoh situs yang mempunyai Page Rank 9 akan diurutkan lebih dahulu dalam list pencarian google daripada situs yang mempunyai Page Rank 8, kemudian seterusnya berlanjut kea rah yang lebih kecil.

Banyak cara yang digunakan search engine untuk menentukan kualias sebuah halaman web mulai dengan penggunaan meta tag, isi dokumen, penenkanan pada konten dan masih banyak teknik lain, bisa juga dengan gabungan dari teknik-teknik tersebut.

Link Popularity adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memprbaiki kekurangan dari teknologi lain yang bisa dicurangi dengan halaman khusus yang di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages, missal meta keyword dan meta description. Dengan algoritma Page Rank ini setiap halaman akan diperhitungkan sebagai inbound link (link masuk) dan outbound link (link keluar) dari setiap halaman web.

Page Rank memiliki konsep dasar yang sama dengan Link Popularity tetapi tidak memperhitungkan jumlah inbound link dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan dianggap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan semakin penting jika halaman lain memiliki ranking (Page Rank) yang tinggi dan mengacu ke halaman tersebut.Pendekatan ini juga merupakan salah satu elemen pendukung SEO.. 

{ 2 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar