Elemen pendukung SEO dan Teknik Optimasi SEO

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Selasa, 19 Juli 2011

Bos2 semua kali ini saya akan menyinggung sedikit tentang SEO walaupun ilmu ini bagi master2 mungkin udah usang, tapi untuk pemula seperti saya ini merupakan tahapan belajar yang gak boleh dilewati begitu aja, oke silahkan membaca bos. Gak dapat dipungkiri sebuah website atau blog yang menjadi urutan pertama atau teratas pada mesin pencari (search engine) memiliki peluang lebih besar dikunjungi para pengguna internet. seperti pada postingan sebelumnya mengenai "meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood" saya mencoba menerapkan ilmu dasar SEO saya yg udah basi dan saya terus menggali dan bertanya sana sini termasuk ke mbah google. jadi ngelantur gini bos yu kita kembali ke thema, Mereka cenderung tertarik pada website atau blog yang ada pada halaman awal karena dianggap lebih relevan dengan keyword yang mereka cari. Ambil contoh dalam artikel saya sebelumnya tentang “meriahkan pesta ulang tahun bersama Garudafood”.

Elemen pendukung SEO terdiri dari :
Setidaknya ada 8 elemen dasar pendukung SEO, yaitu :
  1.    Keterkaitan nama domain
  2.    Title (Judul)
  3.    Meta Keyword
  4.   Meta Deskripsi
  5.   Keterkaitan isi/konten.
  6.   Sitemap
  7.   Natural Listing
  8.   Backlink
Sedangkan teknik SEO dapat dibagi menjadi dua macam yaitu Onpage dan OffPage. OnPage SEO dilakukan dengan cara mengatur dari dalam website/ blog, seperti memaksimalkan keyword dan deskripsi agar lebih mudah diraba oleh mesin pencari, seperti bos2 semua baca pada artikel saya sebelum ini yaitu, “meriahkan pesta ulang tahun bersama Garudafood “. Sedangkan teknik OffPage SEO adalah memanfaatkan ruang di luar blog, misalnuya dengan mencantumkan atau berbagi link/ banner. Cara ini dirasa sangat efektif untuk mendongkrak popularitas sebuah blog.

Beberapa prinsip dasar teknik optimasi SRO OnPage sebagai berikut :
  1.  Menata meta HTML, seperti membuat korelasi yang tepat antara keyword, deskripsi dan konten. 
  2. Memperhatikan judul artikel setiap kita memposting artikel.
  3. Memperhatikan tiap kata dalam artikel. Pada isi arikel, kita bisa melakukan Onpage SEO dengan  memperbanyak kata2 yang mendekati atau sama dengan keyword yang kita tentukan/ tembak seperti pada postingan saya sebelumnya “meriahkan pesta ulang tahun bersama Garudafood”.
  4. Mengusahakan kalimat pertama alinea pertama mampu mencakup keyword dan deskripsi blog seperti bos2 semua baca pada postingan saya sebelum ini “meriahkanpesta ulang tahun bersama Garudafood”.
  5. Memberikan kode unik pada beberapa tag HTML.
  6. Memberikan keyword pada tag link.
Sekian dulu bos postingan kali ini, lain waktu disambung lagi.
Wassalam Wr Wb.

Oleh :

{ 3 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar