Sulap sampah jadi bensin

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Selasa, 13 Maret 2012

Limbah sawit berupa bekas cangkang, serat, pelepah sawit, batang sawit mengeluarkan bau yang tak sedap. Menurut survai satu pabrik kelapa sawit bisa menghasilkan 100 ton limbah. Limbah sawit diolah menjadi premium bukan hal yg terdengar aneh. “limbah sawit kaya biomassa yang paling potensial untuk saat ini”, begitu kata Agus Eko Tjahyono, Kepala Balai Besar Teknologi Pati, BPPT. Limbah sawit kaya selulosa dan hemiselulosa. Tandan kosong kelapa sawit mengandung 45% selulosa dan 26% hemiselulosa. Tingginya kadar selulosa pada polisakarida itu dapat dihidrolisis menjadi gula sederhana dan selanjutnya difermentasi menjadi etanol.

Sampah atau pun limbah kalau kita jeli bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna bagi kita. DR Ronny Purwadi, periset Departemen Teknologi Kimia Institut Teknologi Bandung sukses mengolah limbah kelapa sawit mejadi bioetanol. Ia mencacah tandan kosong kelapa sawit bersama limbah lainnya secara manual.

Alumnus Departemen Teknik Kimia, Chalmers Uneversity, Swedia itu kemudian memberikan larutan asam sulfat encer berkonsentrasi 1-3% sebagai bagian dari tahap hidrolisis. Proses pemanasan dalam hidrolisis terbagi 2, yaitu pemisahan lignin dan pemisahan lignoselulosa untuk menghasilkan gula.

Untuk memecah lignin, Ronny memanaskan cacahan kelapa sawit pada suhu 120-170 derajat celcius dengan tekanan 4 bar. Proses berlangsung 0,5-1 jam menggunakan perebus otoklaf. Setelah selesai hidroslis berpindah ke otoklaf lainnya. Proses hidrolisis kedua dengan suhu 240 derajat celcius selama 45 menit. Hasilnya berupa hidrolisat gula terpisah dari kotoran.

Proses selanjutnya mirip fermentasi bioetanol lain menggunakan mikroba Sacharomycetes Cereviceae. Fermentasi dalam fermentor pada pH 5 dan suhu 30 derajat celcius selama 16-24 jam. Pengadukan dan pemanasan harus kontinu agar suhu dan pH stabil. “Rendemen yang diperoleh sekitar 12 %”, kata Ronny. Artinya dari 1 ton limbah kelapa sawit dihasilkan 120 liter bioetanol.
Sumber : Trubus





Anda juga bisa baca dibawah ini :
2. Konsep 3R 





{ 2 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar