Bisnis Cari Rugi !!

Ditulis oleh : alhudasindangreret on Sabtu, 21 April 2012

Saya pernah membaca di suatu majalah (Khalifah) tentang suatu pernyataan yang mungkin bagi kita begitu nyeleneh tapi apa salahnya kita resapi maksud dan tujuannya, silahkan menyimak kawan..Pernyataan nyeleneh seorang Bob Sadino yang oleh kebanyakan orang dianggap tidak masuk akal adalah  “saya berbisnis dalam rangka mencari rugi”. Kebanyakan kita berpikir kok ‘bisnis mencari rugi, itu bullshit !’. Dimana-mana orang berbisnis ya cari untung. Jadi jangan percaya omongan Bob Sadino !, omong kosong belaka, begitu tanggapan orang.

Mau tahu kegoblogan orang pintar ini ?, begini penjelasannya sobat. Kalau kita bilang bisnis itu cari rugi, orang akan menganggap itu omong kosong belaka. Baik kita balik pertanyaannya. Anda bisnis cari untung kan ?, apakah kemudian dalam bisnis anda akan untung terus?, ada nggak bisnis itu untung terus ?, logiskah kalau orang berpikir bahwa bisnis itu tidak akan pernah rugi ?, ada kah orang yang berbisnis itu tak pernah rugi ?, nah kalau bilang bisnis itu cari rugi, apakah selamanya saya akan rugi ?, menurut anda, apakah karena saya berbisnis cari rugi, maka selamanya apakah saya tidak akan pernah untung ?, jadi logiskah kalau bisnis itu selalu rugi ?.

Maksud pernyataan nyeleneh dari om Bob Sadino ini ingin mengatakan bahwa bisnis cari rugi itu semata-mata sebuah pernyataan yang bisa membangun sikap mental seorang pebisnis. Di balik pernyataan itu, terbangun suatu sikap mental yang kokoh dalam melihat apa arti suatu resiko serta bagaimana cara menyikapinya. Orang awam yang hendak terjun ke dunia bisnis biasanya sangat-sangat alergi terhadap kata resiko.

Sesungguhya resiko adalah bagian inherent dalam dunia entrepreneuship. Sebab dalam resiko itu pula terletak kesempatandan peluang untuk mencari keuntungan. Semakin besar resiko suatu bisnis maka akan semakin besar pula peluang dan kesempatannya.

Kalau orang pintar bilang bahwa resiko usaha itu harus diminimalkan, sebenarnya dia mau menjauhi kempatan dan peluang. “Sudah begitu dia berpikir bahwa bisnis itu akan selalu untung terus, terlalu goblok pikiran orang itu”, demikian kata Bob Sadino.

Tambahan lagi, kalau orang berbisnis berharap untung terus, kalau suatu saat dia mengalami kerugian dalam berbisnisnya dia akan marah-marah, frustasi dan kecewa berat. Kalau untung sedikit, mungkin dia akan mengumpat karena tidak puas. Beda dengan seorang Bob sadino “bisnisnya cari rugi”, begitu bisnis saya rugi seorang Bob sadino malah bersyukur karena tujuannya dalam berbisnis telah dikabulkan Tuhan.
Begitu pun sebaliknya, kalau bisnisnya dikasih untung saya pun bersyukur, apalagi kalau untung besar, semakin bertambah rasa syukur saya. Sebab bisnis cari rugi kok malah dikasih untung... 




{ 7 komentar... read them below or add one }

tomi mengatakan...

ya memang bisnis pasti akan sll rugi tp pada awalnya mas..
tp klo ttp tekun dan berusaha, bisa lipat ganda keuntungannya

admin mengatakan...

ya setuju sekali mas...

tips komputer dan internet mengatakan...

Bisnis = Berdagang, berdagang = 9 dari 10 pintu rejeki ada di perdagangan

Unknown mengatakan...

bang boleh tukeran link gak bang ,,,,blog abang sudah saya pasang di sini http://maknakehidupann6.blogspot.com/

pasang link ane ya bang ,,,,makasih bang

alfanbutway mengatakan...

berarti intinya kita harus bersyukur, semakin kita bersyukur maka rezeki kita akan ditambah. makasi gan infonya

alhuda mengatakan...

udah saya pasang sobb..http://maknakehidupann6.blogspot.com

alhuda mengatakan...

maaf baru kepasang sobb..soalnya jarang ngapdate...jarang ngecek koment...

Posting Komentar