SANTRI SAHABAT LINGKUNGAN

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Minggu, 18 Juli 2010

Lingkungan adalah bagian tak terpisahkan dari makhluk hidup. Lingkungan adalah sebuah system dimana manusia mempunyai tanggung jawab yang besar sebagai khalifatu fil ard untuk memelihara lingkungan tersebut. Seorang Santri jelas dan pasti harus mengenal nilai-nilai islam, salah satunya adalah mengenai pendidikan lingkungan. Tetapi apakah seorang santri sudah pasti telah menkadi sahabat lingkungan masih perlu dipertanyakan.

Lingkungan ini diciptakan Allah untuk kesejahteraan manusia, namun seyogianya manusia sebijak mungkin mengelola dan memanfaatkannya, karena lingkungan mempunyai keterbatasan dan tidak bersifat kekal. Bahkan beberapa sumber daya yang ada membutuhkan waktu jutaan tahun untuk mengadakannnya kembali. Sedangkan pembangunan yang terus menerus berkembang dari waktu ke waktu memang tidak mungkin kita hindari. Tapi kita pun tidak boleh lupa bahwa daya dukung lingkungan akan senantiasa berkurang seiring pembangunan yang kita lakukan. Untuk itulah perlu dilakukan pembangunan berwawasan lingkungan, dimana teorinya bias kita dapatkan melalui pendidikan lingkungan hidup.

Pendidikan lingkungan telah diajarkan oleh Rasululllah SAW kepada para sahabatnya. Rasulullah SAW telah mengajarkan pentingnya bercocok tanam dan menanam pepohonan serta pentingnya usaha mengubah tanah yang tandus menjadi kebun yang subur. Ajaran islam tidak melulu mengatur masalah ibadah begitu pentingnya masalah lingkungan, maka penjelasannya bias kita baca dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Artinya seorang santri jelas mengetahui banyak tentang hal tersebut. Begitu mendasarnya masalah lingkungan dari sejak madrasah diniyyah (setingkat SD) santri sudah diajarkan bahwa “ Kebersihan adalah sebagian dari iman” meskipun dalam kenyatannya masih banyak slogan tanpa kenyataan.

Terintegrasinya ilmu agama dan ilmu umum jelas menjadi sebuah keharusan. Melalui PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) diharapkan santri mampu menjadi sahabat bagi lingkungannya. Dimulai dari hal yang kecil, sedikit demi sedikit lingkungan sekolah pun akan menjadi lingkungan yang bersahabat bagi santri. Begitu besar harapan kita bahwa santri akan menjadi sahabat bagi lingkungannya karena santri belajar tentang lingkungan sedemikian rupa dari Al- Qur’an, As-Sunnah serta ilmu sains yang dipelajarinya.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar