The casflow quadrant (bagian 2)

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Selasa, 16 Agustus 2011

Saya ingin melanjutkan posting The casflow quadrant  (bagian 1), Silahkan membaca..

Banyak orang mengira menjadi pegawai mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dibanding berinvestasi, padahal melihat fenomena sekarang seringnya terjadi PHK masal pada perusahaan2 besar ataupun kecil merupakan pukulan telak bagi Employee (pekerja), sudah waktunya kita sedikit belajar atau mulai masuk pada Quadrant lain salah satunya Quadrant I (investor) atau B (Business owner) yang justru kalau kita pandai membuat sistemnya maka kedua quadrant tadi (B,I) memiliki tingkat keamanannya tinggi.

Dulu para orang tua selalu menyarankan pada anak2nya , “sekolah yang tinggi dan setelah lulus cari pekerjaan yang layak”, secara tidak langsung mempola fikiran kita untuk menjadi pagawai secara terus menerus, tuk mencari pekerjaan dan penghasilan yang menjamin masa depan, pendapat tersebut memang tidak salah tapi kalau kita melihat kedepan dan mempelajari teori Robert T. kiyosaki, justru nasihat itu seharusnya dirubah menjadi, “sekolahlah yang tinggi setelah lulus sekolah lalu dirikanlah perusahaanmu sendiri, beranilah merintis usaha sendiri”.

Orang dengan memasuki Quadrant E (Employee) dan S (Self Employed) cenderung lebih memilih keamanan financial dibanding kebebasan finasial yang justru berada di Quadrant B dan I. Timbul pertanyaan, memang ada bedanya antara "keamanan finansial" dan "kebebasan finansial" ?, oh jelas berbeda sekali, seorang yg menduduki posisi di quadrant E dan S walaupun dia mempunyai penghasilan besar tapi waktu yang dia punya akan terkuras habis untuk mendapatkan penghasilan yg besar tersebut. artinya posisi E dan S mempunyai keamanan finansial dengan konsekuensi waktunya tersita habis untuk pekerjaannya. sedangkan Untuk posisi di quadrant I dan B setelah merintis dengan tekun dan ulet akhirnya dia mempunyai kebebasan penghasilan sekaligus kebebasan waktu yang dia punya, dia bebas melakukan apapun di luar pekerjaannya, karena dia berada di posisi seorang investor atau Bisnis Owner. Dari peta diatas seharusnya orang yang menduduki pada posisi quadrant E dan S dapat segera mulai berpindah secara bertahap ke quadrant B dan I. di awal2 kita bekerja keras sebagai pekerja sambil berfikir terus atau mulai sedikit2 berinvestasi (I) atau mulailah memiliki bisnis sendiri (B).

Dalam quadrant B orang orang bekerja untuk anda sedangkan dalam quadrant I, uang anda bekerja untuk anda. Anda bebas menentukan akan bekerja atau tidak bekerja meskipun anda memilih untuk tidak bekerja maka arang lain akan bekerja untuk menghasilkan uang untuk anda (quadrant B) sedangkan di quadrant I, uang anda terus bekerja meskipun anda punya kegiatan yang lain sekalipun anda melakukan tour / rekreasi.

{ 2 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar