Keseimbangan Lingkungan (2)

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Jumat, 11 November 2011

Anda mungkin acuh tak acuh saat membaca berita tentang berkurangnya gletser di provinsi Yunan, china. Karena tempat itu jauh dan tidak berhubungan dengan kehidupan anda. Namun tahukah anda es dari gletser di dataran tinggi tersebut telah mengairi sungani-sungai terbesar di asia, seperti sungai kuning dan sungai gangga dan memberi sumber kehidupan bagi sekitar dua miliar orang atau dua pertiga penduduk dunia. Jika volume es berkurang berarti kehidupan dua miliar oaring tersebut terancam, tentunya kehidupan tentunya akan ikut terpengaruh. Keseimbangan lingkungan benar-benar terancam. Keseimbangan Lingkungan / alam menjadi taruhannya, fenomena yang terjadi di china adalah dampak dari pemanasan global.

Kekacauan iklim telah mengakibatkan cuaca tidak dapat diprediksi. Musim hujan menjadi lebih pendek namun intensitas curah hujan semakin tinggi. Tentu ini berpengaruh terhadap petani dalam menyuplai kebutuhan pangan. Gagal panen sering terjadi, kelaparan pun menghantui kita. Indonesia juga terancam dengan naiknya permukaan air laut. Dampaknya frekuensi dan intensitas banjir meningkat, arus laut berubah, kerusakan hutan bakau meluas, pulau-pulau kecil terancam tenggelam.

Pemanasan global yang diakibatkan dari efek rumah kaca dan jika terus dibiarkan bumi kita dan segala isinya terancam punah. IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) menyatakan suhu bumi eningkat 0,15-0,13 derajat Celcius antara tahun 1990-2005. Jika kondisi ini berlanjut maka diperkirakan tahun 2050-2070 suhu bumi meningkat 4,2 derajat Celcius. Padahal dengan peningkatan suhu sebesar 2 derajat Celcius sebagian besar kehidupan bumi akan musnah. Tiga puluh tahun kemudian dari sekarang mungkin tidak ada iklim yang menyenangkan seperti di Indonesia.

Keseimbangan lingkungan / alam benar-benar telah terganggu yang efeknya bagaimana nanti nasib anak cucu kita yang menempati bumi yang sudah tidak ramah lagi bahkan mungkin sudah tidak sesuai dengan taraf kehidupan yang sehat dan higienis..Untuk itu mari sahabat semua jaga dan lestarikan alam sebaik-baiknya guna kelangsungan kehidupan anak cucu kita…Hemat dan efesien atau bahkan bijaksana dalam memanfaatkan sumber-sumber alam dan sumber-sumber energi kita..

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar