1000 jurus berlatih 1 kali atau 1 jurus berlatih 1000 kali, Mana yang kita pilih ?

Ditulis oleh : alhudasindangreret on Minggu, 08 Januari 2012

Alkisah seorang master kungfu, dilihat postur tubuhnya tidak terlalu besar, boleh dikatakan dia mempunyai perawakan kecil, tinggi 5 setengah kaki dan berat 135 pon, tapi dibalik badan yang kecil dia mempunyai kekuatan fisik, otot yang kuat dibarengi lagi dia mempunyai keberanian yang luar biasa, dia  tak pernah merasa takut pada siapa pun, dia tak gentar pada musuh yang mempuyai postur yang besar dan banyak sekalipun, yaa dia adalah Bruce Lee (The dragon), kita sudah pada tahu tentang dia.

Saya pernah membaca dalam beberapa literatur tentang sang dragon,yang menarik pada dia, sang dragon pernah berujar, “Aku tak pernah takut pada siapa pun, aku tak takut dengan jurus apa pun, perguruan mana pun”, kemudian dia berujar lagi, ”Cuman satu yang aku takutkan, aku takut sama Orang yang berlatih 1 jurus kemudian dia terus  berlatih berulang-ulang jurus tersebut selama 1000 kali, sebaliknya aku sama sekali tak takut pada orang yang berlatih 1000 jurus  tetapi dia cuman berlatih satu kali tiap-tiap jurusnya”.
(sumber photo dari http://www.bodybuilding.com)

Yang jadi pemikiran saya seorang Bruce Lee, seorang master Kungfu mempunyai kelemahan dia mempunyai ketakutan yang sangat pada orang yang berlatih 1 jurus yang mana orang tersebut berlatih1 jurus itu terus dilatih berulang-ulang selama 1000 kali. Justru menurut saya itu kunci permasalahannya, “1 jurus berlatih selama 1000 kali”, pada kalimat itu tersirat arti  Fokus,  Konsekuen, Kesinambungan, Tekun berlatih, pantang menyerah, Keteguhan  dalam mempelajari satu hal.

Memang manusiawi dan tidak ada larangan untuk mengetahui berbagai disiplin ilmu kalau dalam kungfu mungkin tak ada larangan dalam mempelajari banyak jurus, malahan dianjurkan untuk terus banyak membaca, mempelajari berbagai disiplin ilmu, terus mencari menggali berbagai bentuk disiplin ilmu, keinginan yang tinggi memahami berbagai disiplin ilmu, era informasi memungkinkan kita mengetahui banyak hal. Tapi menurut pemikiran saya dari berbagai disiplin ilmu itu kita harus ngambil satu bidang dulu untuk benar-benar fokus dalam mempelajarinya, tidak cepat untuk tergoda dalam mempelajari banyak hal.

“1000 jurus berlatih 1 kali”, untuk tataran ilmu mungkin bagus karena jadi mengetahui berbagai jurus, tahu segala ilmu tapi kelemahannya dia gak punya bidang spesialisasi, kurang memperdalam salah satu ilmu yang ada dalam 1000 jurus tersebut. konsentarsinya dalam memperdalam satu jurus sering terpecah karena ada jurus terbaru yang ingin cepat diketahuinya.Yang lebih parah banyak orang yang sok tahu pada satu bidang ilmu padahal dia tidak tahu sama sekali atau baru tahu sedikit.

Hikmah yang bisa diambil, kita boleh serba tahu asal jangan sok tahu, banyak mencari tahu, banyak mempelajari berbagai ilmu, tahu berbagai disiplin ilmu itu merupakan hal yang bagus tapi menguasai secara mendalam satu bidang ilmu mungkin itu lebih baik.

Semoga aja postingan saya ini ada manfaatnya untuk para pembaca, khususnya mengingatkan pada saya sendiri yang sering tergoda untuk segera mengetahui berbagai hal, sehingga kurang fokus pada satu bidang, kurang memperdalam ilmu pada bidang yang saya geluti / minati.  




{ 3 komentar... read them below or add one }

tomi mengatakan...

saya lebih memilih 1 jurus berlatih 1000x mas
memang susah karena liat godaan lain pasti pengen hehe

admin mengatakan...

kemungkinan besar kalau 1 jurus dilatih selama 1000 kali maka orang tersebut akan menjadi ahli dalam jurus tersebut...

Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik mengatakan...

kalau menurut saya seh belajar dulu 1000 jurus walau 1 kali biar kita bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan jurusnya masing2 biar tidak gaptek :D, kalau sudah cocok dengan 1 jurus baru kita berlatih 1000 kali. :D biar mantap.

Posting Komentar