Rahasia Sukses Toko Tionghoa

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Sabtu, 18 Februari 2012

Berikut sekilas mengenai isi buku best seller “Rahasia Sukses Toko Tionghoa”,Penulis Istijanto Oei, Seandainya kita membicarakan usaha toko sedikit banyak akan berhubungan dengan orang tionghoa. Kalau ditarik kebelakang awalnya mereka membuka toko karena tidak ada pilihan pekerjaan lain. Mereka kepepet karena untuk menjadi pegawai tidak memenuhi kualifikasi. Jadilah toko sebagai satu-satunya sumber untuk menggantungkan hidup.

Sadar bahwa toko merupakan satu-satunya penghidupan mereka maka mereka tidak berani main-main dengan tokonya. Mereka berusaha mengembangkannya untuk jangka panjang. Bukan hanya hari ini buka setahun atau sebulan lagi tutup. Bahkan mereka mepersiapkan toko tersebut untuk menyambung hidup anak-anaknya kelak. Tak heran jika toko menjadi warisan keluarga tionghoa.

Lho kalau begitu apa resep mereka hingga sukses membuka toko ?, berdasarkan observasi toko mereka mengalami puncak kesuksesan mempunyai pola yang sama. Mereka tidak berfikir modal merupakan hal utama dalam mendirikan toko, justru modal dasar mereka adalah KEPERCAYAAN. Ya sekali lagi cuman Kepercayaan.

Seandainya mereka tidak punya modal mereka bisa pinjam modal atau tempat ke saudaranya secara gratis atau sistem bagi hasil. Yang jadi masalah apakah saudaranya tadi mau meminjamkan uangnya atau tempatnya ?,jawabannya sederhana apakah peminjamnya bias dipercaya ?, kuncinya selama peminjamnya atau saudaranya dapat dipercaya maka pemilik rela meminjamkannya.

Barang daganganan pun lagi lagi lagi pengadaannya mengandalkan kepercayaan, mereka bisa meminta barang untuk dititipkan di tokonya. Dengan modal kepercayaan saudaranya yang punya barang bisa menitipkan baranya untuk dijualkan.

Kepercayaan selanjutnya dan ini untuk jangka panjang ditujukan kepada konsumen atau pembeli toko tersebut. Pembeli diberlakukan sebagai hoping atau teman dekat. Jadi tidak sekedar mengambil utungnya aja tapi benar-benar menjaga keprcayaan pembeli dengan service yang memuaskan, menganggap pembeli sebagai teman dekat atau saudarnya.

Kepercayan mutlak diperlukan dalam bisnis, baik itu pedagangya, pemasok maupun pembelinya. Kepercayaan benar-benar harus dibangun dari awal pendirian toko hingga dapat langganan yang banyak, pelayanan yang memuaskan, produk yang berkualitas, dan siap menerima complain jika produk yang dibeli konsumen tidak sesuai yang diinginkannya..    

dalam islam kejujuran atau kepercayaan pun menjadi mutlak dalam perniagaan, dalam bermuamalah dengan sesama manusia. Nabi Muhamad SAW pun sebelum sampai diangkat menjadi Rosul gelar pertama yang disandang beliau adalah 'Al-Amin', ORANG YANG DAPAT DIPERCAYA....
Sekian dulu nanti disambung lagi..
Wassalamualaikum Wr Wb.




{ 1 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar