Mungkinkah masalah bisa dijadikan pijakan untuk kesuksesan kita ?

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Kamis, 06 Desember 2012

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dikepung berbagai masalah, mulai dari masalah skala kecil, menengah hingga masalah yang cukup besar, yang cukup menyita fikiran, bikin puyeng kepala. Sudut pandang atau sikap kita menghadapi masalah pun berbeda-beda tergantung orang dan kualitas pribadi masing-masing.

Ada sekelumit kisah yang cukup menarik, silahkan disimak sobat, kisah seorang majikan dan kudanya, suatu hari sang kuda setelah dikasih makan sama majikannya ia jalan-jalan sendirian, sedangkan majikannya berangkat lagi karena ada suatu keperluan, sang kuda berlari-larian dengan gembira, saking gembiranya sang kuda tak menghiraukan adanya bahaya di depan mata, ada sebuah sumur yang cukup besar dan saking bersemangatnya sang kuda berlarian ke sana kemari hingga ia terjerumus dan masuk ke dalam sumur, ia benar-benar masuk ke dalam sumur yang cukup dalam, sedangkan sang majikan gak ada di tempat tersebut.

Cukup lama sang kuda meringkik-ringkik dengan harapan suaranya di dengar sang majikan, setelah cukup lama dan suara sang kuda pun hampir habis akhirnya sang majikan pun datang dan menghampiri sumur tersebut, "wah ada suara kuda niih yang keluar dari dalam sumurku", "kudaku yang malang terperosok masuk ke dalam sumur, dan saya pikir cukup berat juga untuk menolongnya, untuk mengangkatnya dibutuhkan beberapa orang dewasa.", begitu gumam sang majikan. Sang kuda kembali meringkik seolah-olah memanggil dan meminta tolong majikannya.

Setelah menimbang-nimbang akhirnya sang majikan memutuskan untuk mengubur kuda tersebut dibawah sumur tersebut dengan pertimbangan kuda tersebut sudah tua terus kalau mau diangkat pun kuda tersebut cukup berat, "ya mending kuda itu dikubur hidup-hidup aja lagian sumur itu sudah gak dimanfaatkan lagi, kan kuda yang baru dan segar masih banyak dan bisa beli lagi koq", pikir sang majikan.

Kemudian sang majikan mengambil scop dan mulai meratakan sumur tersebut dengan tanah, Sang kuda begitu kaget dalam fikirannnya dia berkata (kalau kuda bisa berfikir), "Koq majikan ku begitu teganya mengubur aku, setelah tenagaku tidak terpakai lagi majikanku mencampakanku, majikanku sungguh kejam.". "maafkan kudaku, aku kesulitan mengambil mu dari dasar sumur ini, karena sumur ini cukup dalam dan aku sendirian gak mungkin mengangkatmu ke atas",demikian ujar sang majikan.

Ternyata sang kuda begitu galau dan sedih karena mempunyai majikan yang begitu kejam, ia ingin mengubur hidup-hidup dirinya, tapi pada akhirnya sang kuda yang cerdik menemukan celahnya, ia tidak terus-terusan menyesali nasibnya, ia tak mau menyerah sebelum berhasil keluar dari sumur tersebut, ia ingin memecahkan kesulitan yang dihadapinya, ia berfikir keras bagaimana bisa keluar dari sumur tersebut. Sang kuda menemukan solusinya badannya digerak-gerakan supaya tanah yang menempel pada dirinya tidak menimbunnya tapi tanah itu dijadikan pijakan kakinya, gerakan-gerakan ini terus dilakukan sang kuda tanpa lelah hingga tanah yang mengenai badannya jatuh kebawah, tanah urugan tersebut diinjak-injak terus sama kakinya, hingga tak terasa tanah tersebut meninggi sama dengan permukaan bibir atas sumur, dan kuda tersebut dapat keluar dan melepaskan diri dari sumur tersebut.  

Demikian kisah tersebut sang kuda yang cuma seekor binatang dapat memecahkan masalah sendiri apalagi kita manusia yang diberi anugrah oleh Allah SWT Akal fikiran.

Semoga bisa menjadi inpirasi buat kita dan bermanfaat..
Wassalaamualaikum Wr Wb..

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar