SEKOLAH DAN EKO-TURISME

Ditulis oleh : Dadang Hermawan on Senin, 18 April 2011


Seperti biasanya sehabis ulangan semester, siswa-siswa sekolah sering mengadakan tour atau wisata ke berbagai tempat apakah semata-mata untuk hiburan ataupun pendidikan. Tapi secara tidak langsung kita bisa menerapkan konsep lingkungan dengan cara berwisata yaitu melalui Ekoturisme.

Ekoturisme atau ekowisata  merupakan kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan  dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial, budaya, ekonomi masyarakat lokal dan aspek pembelajaran serta pendidikan.
Wisata tidak hanya sekedar melakukan pengamatan burung, mengendarai kuda penelusuran jejak di hutan belantara, tetapi telah terkait dengan konsep pelestarian hutan dan penduduk lokal.  Ekoturisme merupakan perpaduan dari minat yang tumbuh dari keprihatinan terhadap lingkungan , ekonomi, dan social.

Ekoturisme tidak dapat dipisahkan dengan konservasi , oleh karenanya  ekoturisme disebut sebagai bentuk perjalanan wisata bertanggung jawab.Ekoturisme merupakan suatu bentuk wisata yang sangat erat dengan prinsif konservasi. Bahkan strategi pengembangan ekoturisme juga menggunakan strategi konservasi. 

Dengan demikian ekoturiseme sangat tepat dan berdaya guna dalam mempertahankan keutuhan dan keaslian ekosistem di areal yang masih alami. Bahkan dengan ekoturisme, pelestarian lingkungan dapat ditingkatkan  
Peni Faridah Kh
(http://www.ekowisata.com).

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar